REPLIKASI PROGRAM EMAS PUSKESMAS II TAMBAK

REPLIKASI PROGRAM EMAS PUSKESMAS II TAMBAK

   Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa indonesia sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-undag Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur derajat kesehatan dan kualitas hidup dari masyarakat adalah Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Balita (AKBA).

    Program Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS) yang selanjutnya disebut Program Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir merupakan program yang bertujuan untuk penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir melalui peningkatan mutu pelayanan emergency  maternal dan neonatal  di pelayanan primer dan sekunder serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi sistem rujukan. Suatu target pencapaian yang tidak mudah sehingga diperlukan kerjasama dan dukungan dari semua pihak.

       Program EMAS difokuskan pada upaya peningkatan kualitas pelayanan dan sistem rujukan pelayanan kasus kegawatdaruratan serta upaya penguatan, pembinaan dan penyebarluasan cakupan serta jangkauan program menggunakan pendekatan pendampingan yang intensif atau mentoring dari fasilitas yang sudah memenuhi standard kepada fasilitas yang memerlukan perbaikan mutu pelayanan khususya dalam penanganan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir.

    Pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 Puskesmas II Tambak melakukan kegiatan “Replikasi Program EMAS” di Puskesmas II Sumpiuh. Puskesmas II Tambak (mentee) menimba ilmu mengenai penyelamatan ibu dan bayi baru lahir dari Puskesmas II Sumpiuh (mentor). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan sistem rujukan pelayanan kasus kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir di Puskesmas II Tambak. Kegiatan ini diikuti oleh semua Bidan dan Dokter Puskesmas II Tambak.

  Dalam sambutannya Kepala Puskesmas II Tambak yaitu dr. Kuntoro menekankan agar semua peserta baik dokter maupun bidan  mengikuti acara tersebut dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas pelayanan KIA. Setelah mengikuti kegiatan K2 rencana Puskesmas II Tambak akan mengikuti pelatihan PONED di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dan dilanjutkan dengan kegiatan P1 yaitu pendampingan puskesmas mentor

Penyajian Drill Emergency

Penyajian Drill Emergency

 

K2 Puskesmas II Tambak di Puskesmas II Sumpiuh

K2 Puskesmas II Tambak di Puskesmas II Sumpiuh

Related Posts

Komentar